Friday 5 June 2020

Kutipan Ceramah Venerable Cheng De 20 April 2020 (Bagian 2)




Buddha Sakyamuni menasehati kita supaya menyingkirkan sikap mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, jika kita ingin mengamalkan sesuai dengan ajaran, maka setiap niat pikiran yang muncul terlebih dulu harus memikirkan kepentingan orang lain, bukan kepentingan diri sendiri. Apabila yang kita pikirkan masih saja demi diri sendiri, ini artinya kita masih belum yakin pada Buddha.

Keyakinan itu tercermin dari mengamalkan sesuai dengan ajaran dan bukan hanya bisa bicara di mulut saja. Buddha Dharma menekankan pada spiritual dan bukan pada ritual. Jika kita dapat mengamalkan sesuai dengan ajaran barulah disebut yakin sepenuhnya pada Buddha.

Umpamanya, kita sering bilang bahwa lingkungan berubah menuruti perubahan hati diri sendiri. Tubuh fisik kita, lingkungan di luar diri kita, termasuk keluarga dan kerabat kita, lebih luas lagi mencakup sahabat, rekan kerja kita, seluruh benda materi, semuanya ini merupakan lingkungan di luar diri sendiri.

Keseluruhan hal ini akan berubah menuruti perubahan niat pikiran diri sendiri. Maka itu hal ini cukup jelas mengungkapkan bahwa segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran kita, yang tercipta dari niat pikiran diri sendiri.

Kutipan Ceramah Venerable Cheng De 20 April 2020
Judul : Tidak Ada Kaitannya Dengan Faktor Luar
Bertempat di : Lampeter, Inggris
Kode Artikel : 15-014-0001

佛勸我們要放下自私自利,我們依教奉行的話,只要起念頭都是先想別人,不能想自己。我們假如還都是先考慮自己,那這個也不信佛。信表現在哪?依教奉行,不是嘴巴講。佛法重實質不重形式,要我們能依教奉行才是真正信佛。尤其佛法它是徹法源底的正法,它等於一句話就把道理給講透了,沒有模糊地帶,從根本,講透徹了。比方,我們常說依報隨著正報轉。那什麼是依報?我們的身體,我們的人事環境、物質環境。人事環境最近的家親眷屬,再延伸開來,親人、朋友、同事,全都是我們的依報,甚至於是整個物質環境也都算是我們的依報。隨著什麼?隨著我們自己的正報,正報是我們的念頭。所以這個就透徹的表達一切法從我們的心想生,都是心念變現的。

文摘錄自 :境界沒有問題      
成德法師主講 (共一集) 2020/4/20
英國蘭彼得      檔名:15 - 014- 0001